PROF SRI EDI SWASONO DORONG STIEKN JAYA NEGARA TAMANSISWA KEMBANGKAN POTENSI LOKAL
Di Post Oleh: admin stiekn Tanggal: 04/08/2018 Di Baca22 kali

MALANG KOTA – Ada banyak ide menarik dari Prof Sri Edi Swasono, guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI) sekaligus Ketua Umum Majelis Luhur Tamansiswa untuk Malang Raya. Ide-ide itu dia sampaikan ketika memberikan orasi ilmiah dalam agenda wisuda sarjana ke-39 dan pascasarjana ke-15 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIEKN) Jaya Negara Tamansiswa di Hotel Gajah Mada Sabtu, (28/7).

Ide itu muncul ketika Prof Sri Edi mengunjungi kebun-kebun buah di Malang Raya. Terutama kebun apel. Dari kualitas dan rasa, dia menilai bahwa apel Malang sudah seharusnya go international.

Baik itu dijual dalam bentuk segar maupun makanan olahan. ”Saya ini suka dengan pai apel. Menurut saya, pai apel dari Malang ini mengalahkan pai apel yang pernah saya beli di Tilburg, sebuah kota indah di Belanda,” kata dia.

Untuk mengangkat potensi lokal itulah, perlu sumbangsih dari perguruan tinggi. Tak terkecuali STIEKN Jaya Negara Tamansiswa. ”Kampus itu jangan hanya menjadi menara gading yang indah dipandang, tapi kurang bermanfaat. Tapi, jadilah menara air yang bisa mengalirkan manfaat dan kebaikan untuk masyarakat sekitarnya,” kata dia.

Lebih-lebih di era digital saat ini. ”Transfer ilmu dari akademisi dan perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha minim modal menghadapi persaingan global,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua STIEKN Jaya Negara Tamansiswa Dr Eny Lestari berharap pada para wisudawannya untuk dapat menerjemahkan dan mengimplementasikan pesan Prof Sri Edi. Selain ikut mengembangkan potensi lokal, para lulusan juga jangan hanya sibuk mencari pekerjaan. ”Harus bisa menjadi pencipta lapangan kerja dengan memunculkan potensi yang ada di sekitarnya,” kata dia.

Eny menyatakan, selama kuliah, para wisudawan itu mendapatkan bekal yang memadai di STIEKN Jaya Negara Tamansiswa. Mulai dari akademisi hingga entrepreneurship. ”Selain itu, ada pula bekal pendidikan karakter ketamansiswaan. Meliputi nasionalisme dan proekonomi kerakyatan,” jelas dia.

Sebagai informasi tambahan, STIEKN Jaya Negara Tamansiswa yang memiliki kampus di Jalan Raden Tumenggung Suryo 17 itu terhitung sebagai salah satu kampus tertua di Kota Malang. Perguruan tinggi swasta ini sudah berdiri sejak 1976. ”Kami sudah banyak sekali memberikan andil dalam upaya peningkatan ekonomi rakyat. Terutama wilayah Malang Raya,” ujar dia.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap seputar STIEKN Jaya Negara Tamansiswa, termasuk penerimaan mahasiswa baru

Top