STIEKN Jaya Negara Terakreditasi Institusi
Di Post Oleh: admin stiekn Tanggal: 04/05/2018 Di Baca9 kali

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIEKN) Jaya Negara di bawah naungan Yayasan Persatuan Perguruan Tamansiswa terus memperbaiki mutu sebagai perguruan tinggi yang berkualitas. Salah satu buktinya melalui lolosnya akreditasi institusi dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan predikat B reakreditasi program studi S1 akuntansi dengan nomor 1356/SK/BAN-PT/Asred/S/V/2017.

Ketua Yayasan STIEKN Jaya Negara Ki Ipung mengungkapkan, diraihnya akreditasi institusi membuktikan bahwa kampus ini telah memiliki gedung sendiri yang berada di Jalan Tumenggung Suryo 17, berada satu kawasan dengan sekolah Tamansiswa lainnya.

”Kini, Yayasan Tamansiswa Kota Malang yang mengacu pada Ki Hajar Dewantara sudah memiliki program pendidikan lengkap, mulai dari TK Taman Indria, SD Taman Muda, SMP Taman Dewasa, SMA Taman Madya, hingga STIEKN,” terang Ketua Umum Majelis Luhur Tamansiswa Prof  Dr Sri Edi Swasono.

 

Di sisi lain, Ketua STIEKN Jaya Negara Dr Eny Lestari Widiarni SE MM menerangkan, kriteria lain yang menjadi penilaian akreditasi institusi adalah legalitas STIEKN sudah disahkan oleh Kemenkum HAM. Jumlah sumber daya manusia (SDM) STIEKN juga telah memenuhi rasio dosen dan mahasiswa. Bahkan, tiga program studi yang dimiliki juga telah terakreditasi. Yaitu, S1 akuntansi dan S1 manajemen predikat B, dan S2 manajemen predikat C.

Meskipun begitu, seluruh civitas akademika STIEKN Jaya Negara juga terus berupaya untuk meningkatkan predikat akreditasi. Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas SDM, baik dosen maupun mahasiswa.

Eny menjelaskan, tahun 2017 ini ada enam dosen yang telah mendapatkan hibah penelitian oleh Kemenristek Dikti. Peningkatan SDM juga dilakukan dengan cara membiayai beberapa dosen untuk melaksanakan studi lanjut.

Di sisi lain, sekolah yang memiliki program kelas reguler pagi untuk mahasiswa biasa dan kelas sore untuk mahasiswa pegawai itu memiliki program sertifikasi kompetensi. Namanya, Janega Development Centre (JDC). Fokusnya bidang yaitu bahasa Inggris (Toefl), bahasa Jepang, perpajakan (brevet A & B), audit, statistik, dan kewirausahaan (pengembangan karir).

”Mendukung generasi emas sebagai program pemerintah. Jangan sampai era sekarang ini lulusan SMA tidak melanjutkan studi karena STIEKN memberikan kesempatan mengenyam studi lanjut dengan mudah. Selain ijazah S1, lulusan juga mendapatkan sertifikat sesuai bidang yang dipilihnya,” imbuh Eny.

Eny menambahkan, di bawah naungan Yayasan Persatuan Tamansiswa, STIEKN juga pada tiga jargon khas Ki Hajar Dewantara. Yaitu, ing ngarso sung tulodo yang berarti di depan sebagai pemberi contoh. Kemudian, ing madyo mangun karso yang berarti di tengah memberikan semangat. Terakhir, tut wuri handayani artinya di belakang memberikan dorongan. ”Target ke depan, STIEKN Jaya Negara tahun 2020 akan menjadi universitas dan memperluas program studi di bidang pendidikan, yaitu S1, S2, S3 di bidang pendidikan ekonomi,” pungkas Eny.

Top