Home
kampus
STIKEN Jaya Negara Konsen Pengembangan UMKM

STIKEN Jaya Negara Konsen Pengembangan UMKM


Senin, 2016-10-03 - 09:41:38 WIB

MALANG – Peringatan Hari Kontrasepsi se Dunia 2016 dihelat pada Selasa (27/8) di Lapangan Desa Poncokusumo. Pada momen tersebut, STIKEN Jayanegara membuka stand UMKM. Perguruan tinggi yang berdiri pada 1974 silam ini, mengandalkan produk UMKM berupa Kopi Salak dan Kopi Kunyit untuk dijual melalui stand tersebut. Kedua produk ini, merupakan buatan asli mahasiswa STIKEN Jayanegara. Selain itu, perguruan tinggi swasta terkemuka ini juga membina pelaku UMKM Kabupaten Malang. Setidaknya ada empat UMKM binaan yakni kerajinan Sangkar Burung di Desa Gedog Wetan, Kecamatan Turen dan Tape Desa Banjarsari, Kecamatan Ngajum.

Selain itu, terdapat produksi tahu di Desa Sanakerto, Kecamatan Turen dan Teh, Wonosari, Kecamatan Lawang. Semua produk binaan desa dan mahasiswa ini, diakomodir melalui lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Stiken Jayanegara yang konsisten melakukan pembinaan pada UMKM. Sedangkan pada pameran dalam rangka Peringatan Hari Kontrasepsi se Dunia 2016 , Stand kampus diminati masyarakat serta pengunjung. Mayoritas pengunjung penasaran dengan Kopi Salak dan Kopi Kunyit yang di display dalam stand tersebut. Apalagi kedua produk itu baik bagi kesehatan dan penyembuh berbagai macam penyakit. Ketua LPPM STIKEN Jayanegara Drs Bambang Hadi Prabowo MS mengatakan, pihaknya selalu bersinergi dengan Pemkab untuk melakukan penelitian dan pengabdian. “Sasarannya memang berada di desa-desa Kabupaten Malang. Lantaran desa-desa ini memiliki potensi yang luar biasa,” ujarnya kepada Malang Post.

Selain itu, kata dia, pengabidan dan penilitan tersebut, juga bertujuan untuk melatih seluruh mahasiswa. Selain itu, juga meningkatkan kepekaan, serta kepedulian sosial bagi mahasiswa, kepada desa maupun masyarakat yang membutuhkan. Sedangkan yang tidak kalah penting, yakni mengimplementasi keilmuan yang dimiliki kepada masyarakat desa. “Kami menginginkan mahasiswa maupun lulusan tidak hanya memiliki ilmu yang berkualitas. Melainkan juga mengimplementasikan, melalui bentuk kepedulian, pengabdian kepada maysrakat,” paparnya. Sehingga, melalui kegiatan ini, mahasiswa maupun lulusan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan.

sumber : http://www.malang-post.com/news/malang-raya/stiken-jaya-negara-konsen-pengembangan-umkm


Share Berita


Komentari Berita