Sejarah

STIE Jaya Negara Tamansiswa adalah salah satu perguruan tinggi yang terletak di Kota Malang. Sebelum nama STIE Jaya Negara Tamansiswa dikenal,dahulu nama tersebut adalah STIEKN Jaya Negara Malang adalah lembaga pendidikan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Jaya Negara pada tahun 1973. Yayasan Jaya Negara  itu sendiri adalah sebuah badan hukum yang telah berdiri di Malang sejak tahun 1973. Awal mula berdirinya kampus ini dalam bentuk Akademi Keuangan dan Pajak (AKUP).

“Akademi Keuangan dan Pajak” Jaya Negara Malang, sesuai dengan perkembangan dan tuntutan dunia pendidikan tinggi, AKUP ditingkatkan kinerjanya menjadi “Sekolah Tinggi Keuangan Jaya Negara Malang”. Jurusan Manajemen Keuangan dinaikkan statusnya menjadi “DIAKUI” sampai dengan tingkat sarjana muda. Dan dalam proses perkembangannya  sesuai dengan SK Mendikbud, Nama Sekolah Tinggi Keuangan tersebut berubah menjadi Sekolah Tinggi IImu Ekonomi Jaya Negara Malang dan untuk jurusan Akuntansi turun status pertama “TERDAFTAR” . Langkah berikutnya tahun 1985, status jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen Keuangan dinaikkan menjadi  “DIAKUI”. Satu tahun berikutnya, Status Jurusan Manajemen program studi Manajemen Keuangan dilingkungan STIEKN Jaya Negara Malang menjadi “DISAMAKAN”. Begitu cepat dan lancarnya perkembangan STIEKN Jaya Negara Malang dalam proses kompetitif  di dunia pendidikan, sehingga jurusan akuntansi mengikuti irama kemajuan lembaga, pada tahun 1988 ditingkatkan statusnya menjadi “DIAKUI”. Kemudian pada tahun 1990, Jurusan Akuntansi ditingkatkan statusnya menjadi “DISAMAKAN”.

Pada Tahun 1998, status “DISAMAKAN” untuk jurusan Akuntansi mengalami perubahan status menjadi “TERAKREDITASI”.  Dengan peningkatan kinerja dan komitmen yang sangat tinggi dari lembaga, dalam waktu yang cukup singkat, Program Studi Manajemen menyandang status “TERAKREDITASI”. Dengan memiliki kinerja dan komitmen yang sangat tinggi dari pimpinan dan seluruh civitas akademika, menjadi modal intelektual (intellectual capital) yang kuat dalam menyongsong era globalisasi dan reformasi yang sarat dengan kemajuan ekonomi. Berlandaskan sejarah masa lampau dan kesuksesan masa kini, STIEKN Jaya Negara Malang Iebih mantap menapak masa depan yakni dengan membuka Program Pascasarjana (PPS).

Pada tahun 2016 terjadi banyak perubahan pada struktur badan Yayasan Jaya Negara Malang yang ditandai dengan perubahan nama menjadi “Yayasan Maju Jaya Negara” dan sudah mendapatkan pengesahan dari Kementrian Hukum dan HAM dengan nomor SK. AHU-0042697.AH.01.04 pada tahun 2016. Pada tahun yang sama para pendiri memberikan pernyataan di hadapan notaris bahwa “Yayasan Jaya Negara” dan “Yayasan Maju Jaya Negara” adalah “SATU” atau “SAMA”.
Pada Tahun 2016 juga STIE Jaya Negara bergabung dengan Perguruan Tamansiswa dengan alamat Jl. R. Tumenggung Suryo No. 17 Malang. Pada tahun 2018 Yayasan Maju Jaya Negara melaksanakan proses pengajuan ke Ristekdikti Jakarta untuk melakukan proses perubahan nama “STIE Jaya Negara Malang” menjadi “STIE Jaya Negara Tamansiswa” karena sudah bergabung dengan Tamansiswa.

Pada tanggal 9 Agustus 2019 STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang mendapatkan SK dari Menristekdikti dengan No. 700/KPT/I/2019 tentang Perubahan Nama Badan Penyelenggara dari “Yayasan Jaya Negara” menjadi “Yayasan Maju Jaya Negara”. Pada tanggal 12 Agustus 2019 STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang juga mendapatkan SK dari Menristekdikti dengan No. 707/KPT/I/2019 tentang Izin Perubahan Nama Sekolah Tinggi dari “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jaya Negara” menjadi “Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jaya Negara Tamansiswa” di kota Malang yang diselenggarakan oleh Yayasan Maju Jaya Negara. STIE Jaya Negara Tamansiswa Malang kini telah mendapatkan pengakuan dari Negara melalui Kementrian Ristek dan DIKTI pada tahun 2019. Dan semua Program studi di STIE Jaya Negara Tamansiswa telah mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT dan sekarang sedang menghadapi Akreditasi dari LAM-PT.